Pidato
Welcome to Bapepam online

ENGLISH I sitemap I search I pertanyaan

.
statistik mingguan pasar modalperaturan Bapepamdatabase Bapepame-Report Pasar Modalhome

 

 

 

 

 

Pidato

 

Pointers

Sambutan Ketua Bapepam Pada Silaturahmi Nasional
Masyarakat
Investor Pasar Modal Indonesia

26 Februari 1999

 
1. Salah satu unsur dalam aktivitas Pasal Modal adalah investor (pemodal). Pemodal menempati posisi penting dalam mengembangkan Pasar Modal.
2. Mengingat peranannya itu pemodal termasuk pihak yang perlu dibina, sekaligus mendapat perlindungan. Pembinaan dalam arti mengetahui hak-haknya,mengetahui mekanisme Pasar Modal, mengetahui keuntungan dan resiko investasi, dan lain-lain.
3. Pentingnya perlindungan bagi pemodal itu dapat dilihat dalam Undang Undang Nomor 8 tahun 1995 ( Undang-Undang Pasar Modal) beserta peraturan pelaksanaannya.
4. Pasal 4 Undang-Undang kita secara khusus menyebutkan bahwa pembinaan, pengaturan, dan pengawasan Pasar Modal yang dilakukan oleh Bapepam dengan tujuan mewujudkan terciptanya Pasar Modal yang teratur, wajar, dan efisien serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat.
5. Perlindungan pemodal terhadap praktek-praktek curang Perusahaan Efek maupun Emiten perlu ditingkatkan, dan itu secara konsisten dilakukan oleh Bapepam. Peraturan-peraturan pelaksanaan teknis yang dikeluarkan oleh Bapepam selalu berorientasi perlindungan terhadap pemodal, tanpa disadari oleh pemodal sendiri.
6. Peraturan-peraturan yang menyangkut disclosure, peraturan mengenai benturan kepentingan, peraturan mengenai modal kerja bersih, dan lain-lain, semuanya untuk kepentingan perlindungan pemodal.
7. Perlindungan pemodal jangan disalahartikan untuk mendapat perlakuan khusus bagi pemodal-pemodal tertentu. Perlu dipahami di Pasar Modal tidak dikenal perlakuan yang berbeda bagi golongan pemodal kecil atau besar. Semua pemodal mempunyai hak yang sama secara proporsional.
8. Bapepam sebagai pengawas dan pembina Pasar Modal, akan tetapi pengawasan itu akan menjadi lebih efektif, bila para pelaku mengetahui posisinya masing-masing. Pemodal harus mengetahui hak-hak dan kewajibannya. Pengawasan yang lebih luas adalah pengawasan berasal dari masyarakat pemodal.
9. Adanya masyarakat pemodal merupakan institusi informal yang akan meningkatkan efektifnya pengawasan Pasar Modal. lnstitusi ini dengan menempuh jalur hukum dapat meluruskan praktek-praktek yang menyimpang dari Emiten atau Perusahaan Efek, misalnya mengajukan tuntutan kepada mereka, bila tidak memenuhi kewajibannya atau bermain di luar peraturan.
10. Asosiasi (institusi) pemodal ini akan lebih bermanfaat apabila kiprahnya membuktikan membela kepentingan masyarakat pemodal pada jalur peraturan yang ada.


Jakarta, 26 Februari 1999

 

 

 

 

 


Terms and conditions. Copyright (c) 2002. Webmaster Bapepam.

Gedung Baru Depkeu RI Lt 4. Jl Dr Wahidin Raya Jakarta 10710
Phone : 021 3858001  Fax : 021 3857917
E-mail :
bapepam@bapepam.go.id